Sabtu, 28 November 2015

Pergeseran Tanah, 3 Rumah dan 1 Mushola Terancam Roboh. (Foto: tri)
Pergeseran Tanah, 3 Rumah dan 1 Mushola Terancam Roboh. (Foto: tri)

Ngeri! Pergeseran Tanah Akibat Hujan Deras, Rumah Warga Terancam Roboh

BANDUNG BARAT,FOKUSJabar.com: Hujan deras yang mengguyur kawasan Padalarang Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyebabkan pergeseran tanah. Akibatnya, tiga bangunan rumah dan satu Mushola alami retak  dan terancam amblas.
Pergeseran tanah itu terjadi di Komplek PPI RT 07 RW 27 Desa Padalarang Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Rabu (25/11/2015) malam, atau tepatnya sekira pukul 22.00 WIB.
Tiga rumah milik Windu Wahyudi (46) dihuni 3 jiwa, Ahmada (47) dihuni 6 jiwa dan Andi (37) dihuni 4 jiwa, mengalami keretakan tembok selebar 10 centimeter. Selain bangunan rumah, satu mushola Nur Ukhuwah juga mengalami retak, dan sejak kejadian penghuni rumah yang khawatir langsung mengungsi ke tetangga sekitar.
Windu Wahyudi (46) salah seorang penghuni rumah yang retak mengaku terkejut ketika dinding tembok rumahnya bergetar kencang.
“Sekira jam 9 lebih saya sedang tidur bersama istri dan anak di dalam rumah, tiba-tiba bangunan bergetar, saya mengira ada gempa,”tuturnya saat ditemui FOKUSJabar.com di lokasi kejadian, Kamis(26/11/2015).
Tak menunggu lama, lanjutnya, dia pun segera mengajak istri dan anaknya keluar rumah. Dan setelah dilihat dari luar,  permukaan tanah rumahnya telah bergeser selebar 10 centimeter. Bangunan disampingnya dan mushola juga mengalami hal yang sama.
“Pondasi rumah juga bergeser, saya belum berani tidur di rumah khawatir roboh, sementara ngungsi dulu di tetangga,”ucap Windu.
Diakuinya, setelah tujun tahun menempati rumah berukuran 10×11 meter itu, kejadian ini baru kali pertama dialaminya.
Baru pada keesokannya, lanjutnya, Camat dan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB memantau keadaan rumah dan berjanji akan memberikan bantuan logistik bagi keluarga yang mengungsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar