Sabtu, 28 November 2015

Ilustrasi
Ilustrasi

Pemkab Bandung Serahkan Bantuan Alat Kebencanaan Senilai Rp1,2 M

DAYEUHKOLOT, FOKUSJabar.com : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung serahkan bantuan alat kebencanaan kepada 24 desa dan 3 kelurahan di 13 kecamatan di Kabupaten Bandung. Bantuan alat kebencanaan tersebut senilai Rp1,2 milyar.
Bantuan kebencanaan diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung, H. Sofian Nataprawira di sela-sela acara sosialisasi pengurangan resiko bencana alam, Kamis (26/11/2015).
“Bantuan ini sesuai dengan permintaan mereka pada Musrenbang beberapa waktu lalu. Jadi bantuan hibah ini disesuaikan dengan kebutuhan desa itu sendiri,” kata Sofian, Kamis (26/11/2015).
Sofian mengakui, berbagai bantuan dari pihak luar ke sejumlah desa yang dilanda bencana banjir kerap tidak sesuai dengan kebutuhan. Bahkan bantuan tersebut tidak terkoordinir dengan baik, sehingga kerap menimbulkan permasalahan di lapangan.
“Ini menjadi tantangan bagi Pemerintah Daerah, dalam hal ini BPBD untuk mengkoordinasikan dan mengelola berbagai bantuan. Termasuk di dalamnya mengelola jenis kerusakan dan kerugian yang ditimbulkan akibat bencana,” terangnya.
Bantuan alat kebencanaan ini masing-masing berupa tenda peleton 13 unit, tenda regu 6 unit, peralatan dapur umum lapangan 6 set, blangkar/tandu 33 buah, mesin pompa air 21 unit, alat komunikasi handy talky 49 buah, alat komunikasi RIG 4 unit, perahu karet 3 unit, perahu kayu 21 unit, sepatu boot 70 pasang, rompi pelampung 56 buah, lampu darurat 40 buah, genset 10 unit, gergaji mesin 9 unit serta tabung damkar 3 unit.
“Seluruh penggunaan alat kebencanaan sepenuhnya diserahkan kepada masing-masing desa dan kelurahan penerima. Jadi ketika bencana terjadi, masyarakat di daerah rawan bencana tidak menunggu lagi dari BPBD karena yang kami takutkan bencana ini terjadi bersamaan. Kami berharap, alat kebencanaan ini bisa memanfaatkan sebaik-baiknya sehingga bisa membantu kelancaran petugas pada saatnya dibutuhkan,” ungkap Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Bandung Tata Irawan Sobandi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar