Senin, 23 November 2015

Ilustrasi
Ilustrasi

Permasalahan Sampah Harus Dibenahi Bersama

CIMAHI, FOKUSJabar.com: Permasalahan sampah akan menjadi persoalan yang endemik dan terus berulang di lingkungan masyarakat jika tidak dikelola bersama-sama.
Demikian diungkapkan Kepala Bidang Kebersihan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Cimahi Ade Ruhiyat, Sabtu (21/11/2015).
Ade menyebutkan bahwa volume sampah di Kota Cimahi mencapai 1.400 meter kubik per harinya. Sementara yang bisa diangkut ke tempat pembuagan sampah akhir (TPA) sekitar 144 ton per hari.
Jika persoalan sampah tersebut tidak dikelola dengan baik, maka sampah sebanyak itu hanya akan menjadi beban APBD saja.  Selain itu, TPA Sarimukti yang menjadi tempat pembuangan sampah Kota Cimahi akan cepat berakhir.
“Berapa beban APBD jika sampah hanya dibuang ke sana. Umur TPA pun pada akhirnya tidak akan lama karena terlalu banyak sampah yang dibuang ke sana,” tegas Ade.
Ade mengakui bahwa mengilangkan kebiasaan warga yang masih membuang sampah sembarangan sangat sulit. Artinya perlu ada kebersamaan dari masyarakat dalam sosialisasi dan penegakan hukum tentang pengelolaan sampah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar