Senin, 23 November 2015

foto : net
foto : net

Jalan Lingkar Ibun-Kamojang Ditarget Tuntas Tahun Ini

SOREANG, FOKUSJabar.com: Bupati Dadang M. Naser menargetkan pembangunan Jalan Lingkar Ibun-Kamojang bisa tuntas pada bulan Desember 2015 ini.
“Kita terus kebut pembangunan jalan ini menjelang akhir 2015. Targetnya, jalan lingkar untuk menghindari Tanjakan Cukang Monteng yang kerap memakan korban kecelakaan bisa rampung akhir 2015. Saat ini, kita masih menunggu bahan-bahan dari Cina yang belum datang.
Kontruksi jembatan masih dalam proses dan sebagian jalan sudah selesai dibangun,” ujar Dadang di kantor Pemerintah Kabupaten Bandung, Soreang, Jumat (20/11/2015).
Dadang mengatakan, dipilihnya sistem betonisasi di jalan utama di Kecamatan Ibun ini untuk mencegah jalan cepat rusak. Sebelumnya, Jalan Ibun-Kamojang menggunakan aspal atau hotmiks sehingga mudah tergerus air atau terkikis aliran air.
Selain itu, dengan jalan beton, sejumlah tanjakan atau turunan curam di jalan tersebut bisa dilalui dengan mudah menggunakan kendaraan. Sebelumnya, kawasan Tanjakan Cukang Monteng terkenal sangat curam dan kerap memakan korban kecelakaan lalu lintas.
Salah satu kendala yang dikhawatirkan akan menghambat pembangunan jalan tersebut, adalah kondisi cuaca yang mulai hujan. Meski demikian, diakui Dadang, pengembang proyek pembangunan jalan lingkar tersebut sudah menyiasatinya.
“Ada teknis yang dilakukan supaya tidak terganggu cuaca. Kalau sampai pembangunan telat, mereka sendiri yang rugi. Saya optimistis pembangunan jalan lingkar ini selesai akhir 2015,” terangnya.
Dengan betonisasi, Jalan Ibun-Kamojang dan pembangunan Lingkar Ibun diharapkan dapat mempermudah transportasi bagi warga Ibun dan sekitarnya.
Selain itu, ruas jalan tersebut pun diperkirakan akan semakin ramai dilintasi kendaraan wisatawan atau untuk kepentingan lainnya ke Kamojang atau Garut.
“Kalau sampai jalan ini ramai, kan akan banyak pengunjung ke Ibun. Dan saya memang ingin Kabupaten Bandung ini banyak dikunjungi orang. Dengan demikian, ekonomi pun akan semakin menggeliat dan menguntungkan warga. Pengembangan sektor-sektor lainnya pun akan ikut bergerak maju,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar