Senin, 23 November 2015

Ilustrasi (web)
Ilustrasi (web)

Sejak 2011, Raskin Bandung Barat Tak Turun

BANDUNG BARAT,FOKUSJabar.com : Sejak 2011 lalu, jumlah penerima Beras Miskin (raskin) di Kabupaten Bandung Barat tak menurun, yakni 86.908 Rumah Tangga Sasaran Miskin (RTSM).
Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Bandung Barat Ade Sudiana mengatakan, angka penerima masih dalam jumlah yang sama di lima tahun terakhir, atau tepatnya sejak Kabupaten Bandung Barat memisahkan diri dari Kabupaten Bandung.
Menurutnya, raskin yang diterima Bandung Barat untuk tahun 2015 masih sama dengan tahun lalu sebanyak 15.643.440 kilogram beras per tahun atau 1.303.620 per bulan untuk total 86.908 RTSM.
“Sejak 2011 RTSM tetap sama, hanya perubahan nama warga penerima saja yang berubah,  seperti  ada yang meninggal, pindah alamat atau kehidupan ekonominya meningkat,” ungkap Ade, kepada FOKUSJabar.com di Lembang, Jumat(20/11/2015).
Untuk penyerapan 2015, kata Ade, November ini telah mencapai angka 80 persen. Masih ada waktu 1 bulan lagi agar dapat terserap 100 persen.
Berkaca pada pengalaman tahun selanjutnya, dirinya optimis disisa 1,5 bulan menjelang akhir tahun serapan anggaran untuk raskin ini dapat terpenuhi.
“Kita optimis seluruh desa yang mendapatkan raskin ini bisa menyerap anggaran raskin ini,”imbuhnya.
Dalam penyerapan anggaran untuk raskin tahun ini, lanjutnya, ada juga beberapa desa yang menunggak pembayaran saat ini. Setidaknya ada lima desa yang masih menunggak raskin ke pihak Bulog.
“Kita harapkan hingga akhir tahun ini tidak ada lagi tunggakan. Kepada 5 desa ini juga diharuskan secepatnya membayar tunggakan. Karena kalau sampai tidak dibayar, akan menjadi catatan Bulog,” tegasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar