Sabtu, 28 November 2015

Jalan Tangkuban Parahu-Subang (Foto: Tri)
Jalan Tangkuban Parahu-Subang (Foto: Tri)

Tidak Ada PJU, Jalan Tangkuban Parahu-Subang Dikeluhkan Warga

BANDUNG BARAT,FOKUSJabar.com : Para pengendara motor maupun mobil harus ekstra hati-hati saat melintasi Jalan Raya Tangkuban Parahu tepatnya Desa Cikole Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat (KBB).
Pasalnya, jalan sepanjang 2 kilometer ini gelap dengan tidak adanya Penerangan Jalan Umum (PJU). Akibatnya, kerap terjadi kecelakaan hingga memakan korban jiwa di jalan Provinsi Bandung-Subang itu. Para pengguna jalan lantas mengkhawatirkan hal tersebut.
Pengendara roda dua warga Wanayasa Purwakarta, Andi Nugraha (38) mengatakan, dirinya setiap hari melalui jalan itu. Tak ada penerangan jalan dan diapit pepohonan pinus di kiri kanan jalan membuatnya lebih berhati-hati saat berkendara melalui jalan tersebut.
“Jika sudah sore jalannya gelap sekali, jika ada kendaraan arah berlawanan jadi kaget, apalagi musim hujan jalanan juga licin” kata Andi kepada FOKUSJabar.com, Kamis(26/11/2015).
Andi pun mengaku sempat nyaris terjatuh karena dari arah berlawanan meluncur sebuah mobil dengan lampu depan yang mati. Seharusnya, katanya, ada PJU mengingat banyaknya tikungan tajam di sepanjang jalan tersebut.
“Jalannya juga banyak tikungan, jadi kalau ada kendaraan dari arah berlawanan tidak pakai lampu itu tidak ketahuan. Tiba-tiba sudah ada didepan,” ungkapnya.
Hal senada diakui Jajang (38) salah seorang warga Desa Cikole Kecamatan Lembang. Dia mengeluhkan tidak adanya PJU di ruas Jalan Raya Tangkuban Perahu itu. Padahal, jalur itu jalan Provinsi yang ramai pengendara.
“Padahal ini kan jalan Provinsi, tapi kenapa tidak ada PJU nya,” ucapnya.
Jajang berharap Pemerintah Kabupaten Bandung Barat atau Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Bidang PJU pada Dinas terkait, agar segera memasang lampu PJU untuk menerangkan jalan yang ada di wilayah Desa Cikole Kecamatan Lembang tersebut.
Camat Lembang, Endang Hadiat mengaku sudah melayangkan pengajuan PJU jalan raya tangkuban perahu khususnya di jalan raya dikawasan hutan lindung ke Pemerintah Provinsi melalui Pemkab Bandung Barat. Namun, hingga saat ini pengajuannya masih diproses oleh Pemprov.
“Sejak akhir tahun 2014 lalu sudah kita ajukan untuk PJU di jalan perbatasan KBB-Subang itu. Tapi baru wilayah lembang kota yang sudah mulai dipasang PJU,” ujarnya.
Dia berharap agar Pemprov Jabar segera memasang PJU di jalan menuju sejumlah objek wisata tersebut. Apalagi menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) yang salah satu cabor akan diselenggarakan di wilayah Lembang.
“Ya mudah-mudah saja bisa secepatnya. Karena jalan kalau malam jalan sangat gelap,” jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar