Sabtu, 28 November 2015

Ilustrasi (web)
Ilustrasi (web)

Waspada Banjir, Polsek Baleendah Siagakan Seluruh Anggotanya

BALEENDAH, FOKUSJabar.com: Kepolisian Sektor (Polsek) Baleendah akan menyiagakan seluruh personilnya untuk mengantisipasi bencana banjir tahunan yang biasa merendam wilayah Baleendah setiap musim penghujan.
Dalam setiap harinya, Polsek Baleendah menyiagakan anggotanya untuk piket malam hari.
“Total personil di Polsek Baleendah sebanyak 44 orang, termasuk Kapolsek. Dan setiap hari akan satu regu yang berjumlah sembilan orang untuk melakukan piket malam hari. Petugas yang piket ini kami siagakan untuk antisipasi datangnya banjir terutama pada malam hari, sehingga bisa membantu evakuasi warga korban banjir,” ujar Kapolsek Baleendah Kompol Suhari, Jumat (27/11/2015).
Selain itu, lanjutnya, petugas yang telah lepas piket pun diharuskan selalu siaga. Mereka pun harus siap jika sewaktu-waktu diperlukan untuk membantu evakuasi warga saat banjir terjadi.
“Jika diperlukan, petugas sudah kita instruksikan untuk selalu siaga dan HP jangan dimatikan. Kalau diperlukan personel lebih banyak, mereka akan dipanggil. Jadi yang lepas piket pun standby on call,” terangnya.
Selain menyiapkan petugas, tiga buah mobil pun disiagakan di Mapolsek Baleendah. Mobil tersebut akan dipergunakan untuk mengevakuasi barang-barang milik warga ke lokasi pengungsian.
“Kalau evakuasi dari rumah, kami sudah memberikan perahu ke daerah rawan banjir. Dan untuk warga yang akan mengevakuasi barang ke lokasi pengungsian, mobil selalu standby di Mako,” tambahnya.
Suhari juga mengimbau masyarakat untuk selalu waspada, terutama pada malam hari. Jika melihat ada tanda-tanda air akan naik, warga diharapkan memberikan peringatan kepada warga lainnya.
“Kita sudah koordinasi dengan RT dan RW. Warga harus saling memberi tahu, bisa pakai kentongan atau memukul tiang listrik. Kalau wilayah yang bisa terkena banjir tahunan itu di Kampung Cieunteung dan Andir, cakupan luasnya sekitar 10 hektare,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar