Selasa, 17 November 2015

Tidak Sepaham Menilai GBLA, Dodo : Harus Ada Pihak Netral
GBLA (rmol)

Kontruksi Gagal, Stadion GBLA Masih Tidak Layak Digunakan

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Ketua Tim Ahli Mabes Polri Prio Sulistyo menyimpulkan, Stadion GBLA (Gelora Bandung Lautan Api) tidak layak digunakan lantaran gagal konstruksi, Selasa (16/11/2015).
Prio melanjutkan selama satu minggu ke depan,  timnya akan menyelesaikan data teknis tentang pembangunan stadion yang dikerjakan oleh PT. Adhi Karya ini.
“Ini kan belum final, kami masih melakukan perhitungan karena item-item yang diperiksa banyak,” ujarnya,
Prio menjelaskan, sementara ini, tidak akan memberikan pernyataan apapun tentang Stadion GBLA, dikhawatirkan akan menimbulkan polemik di masyarakat terkait adanya keputusan Kemenpu PR yang menyebutkan bahwa layak digunakan kendati saat ini di Police Line (garis polisi) oleh Bareskrim Polri.
Tim ahli yang dilibatkan terdiri dari ahli struktur, mekanika tanah, arsitektur, mekanika kelistrikan,landscaping, ahli jalan raya, ahli sistem drainase, hukum kontrak, dan jasa konstruksi.
Sementara enam item yang menjadi sorotan diantaranya meliputi gejala penurunan tanah untuk di luar stadion, penurunan tanah di dalam stadion, struktur bangunan termasuk tribun, rangka atap, keandalan fasilitas pendukung dan sistem kelistrikan serta pemipaan.
Data awal pemeriksaan, diketahui struktur bangunan turun berkisar 7 centimeter, yang disebabkan lokasi pembangunan berlumpur tebal dan memiliki lapisan lensa tanah. Selain itu juga struktur pondasi hanya numpang di lapisan tanah sehingga dicurigai tidak kuat menahan beban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar