Sabtu, 28 November 2015

ilustrasi (web)
ilustrasi (web)

Wow! Kereta Cepat Jakarta Bandung Tanpa Masinis

BANDUNG,FOKUSJabar.com: Kereta api cepat (high speed railways/HSR) dengan laju hingga 250 kilometer segera terealisasi. Groundbreaking HSR itu akan dilaksanakan April 2016 mendatang.
Kereta yang memanfaatkan track pinggiran tol Cipularang itu dilengkapi teknologi penuh, bahkan akan melaju tanpa masinis.
Demikian diungkapkan Dirut Kereta Api Cepat Indonesia-Cina Hanggoro usai menghadiri seminar Institution of Railway Signal Engineer (IRSE) di Savoy Homan Kota Bandung, Kamis (26/11/2015).
Dia mengatakan bahwa kereta api cepat teresebut akan menggunakan safety index level IV (tertinggi).
Namun secara psikologis masih ada driver meski hanya bertugas ditempat tutup pintu, mengawasi penumpang dan situasi track.
“Jadi memang full telnologi,” jelas Hanghoro.
Setelah ada kesepakatan antara Cina dan Indonesia dan membetuk PT Kereta Api Cepat Indonesia Cina (KCIC), pihaknya saat ini tengah mengurus segala perizinan.
“Kita patuhi peraturan, persyaratan perizinan. Trase, rekomendasi, izin usaha ke Kemenhub semuanya. Groundbreaking inginnya tahun depan. Sekarang ingin bisa selesai semua izinnya. Tanahnya sudah siap 40 persen lebih,” ungkapnya.
Lebih lanjut Hanggoro mengaku tengah menjalin kerja sama dengan PT Jasa Marga untuk pembicaraan track kereta, terlebih akan sejajar dengan tol.
“Kami kerja sama dengan jasa marga, dan kementrian PU, karena pinggir jalan tol,” jelasnya.
Meski tanpa masinis, pihaknya yakin kereta cepat Jakarta-Bandung akan menggunakan pengamanan maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar