Minggu, 27 Desember 2015

Sepanjang 2015, Terjadi 166 Kasus Kebakaran di Kota Bandung (tribunnews)
Sepanjang 2015, Terjadi 166 Kasus Kebakaran di Kota Bandung (tribunnews)

Sepanjang 2015, Terjadi 166 Kasus Kebakaran di Kota Bandung

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Sejak awal tahun 2015 hingga bulan Desember menjelang akhir tahun ini tercatat ada 166 kasus kebakaran terjadi di Kota Bandung.
Demikian dikatakan Kepala Dinas Penanggulangan dan Pencegahan Kebakaran Kota Bandung, Ferdi Ligaswara, kepada PRFM, Rabu (23/12/2015).
Ferdi menuturkan, dari jumlah kasus kebakaran tersebut, penyebab kebakaran selain didominasi oleh arus pendek, juga karena faktor kelalaian manusia dan faktor alam.
“Dari 166 kejadian kebakaran yang terjadi, penyebabnya 80 persen didominasi oleh hubungan arus pendek, 16 kebakaran diakibatkan oleh faktor alam, dan sisanya diakibatkan karena perilaku masyarakat yang kurang waspada, seperti membuang puntung sembarangan, lupa mematikan kompor, dan sebagainya,” kata Ferdi.
Selain kebakaran, lanjutnya, pihaknya juga menangani berbagai keluhan masyarakat lainnya, mulai dari evakuasi mayat, evakuasi kecelakaan kendaraan, bangunan runtuh, hingga penyelamatan binatang peliharaan.
“Hampir tiap hari kami menerima pengaduan, dari evakuasi penemuan mayat, berkerja sama dengan kepolisian untuk melakukan penyelamatan di ruas ruas jalan tertentu, sampai operasi penyelamatan binatang juga kita lakukan,” ungkapnya.
Ferdi menekankan, Bandung secara geografis berbentuk cekungan, sehingga sebetulnya diciptakan untuk kota peristirahatan dengan penduduk yang tidak teralu banyak.
Namun, faktanya saat ini Bandung menjadi magnet yang luar biasa, sehingga populasi dan bangunan meningkat padat dan meningkatkan resiko terjadinya bencana ataupun kejadian yang tidak diharapkan lainnya.
Maka dari itu, Ferdi melanjutkan, pihaknya akan terus melakukan penghimbauan kepada masyarakat agar dapat meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi bencana, karena tidak ada bencana yang bisa diprediksi sepenuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar