Selasa, 22 Desember 2015

Orang tua bayi tanpa anus, Jaminkan KTP bayar perawatan di RSHS. (Foto: Tri)
Orang tua bayi tanpa anus, Jaminkan KTP bayar perawatan di RSHS. (Foto: Tri)

Pemkab Akhirnya Ambil Alih Operasi Bayi Tanpa Anus

BANDUNG BARAT,FOKUSJabar.com : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat menjamin biaya operasi dan perawatan Muhammad Nandita Saputra, bayi malang tanpa anus.
Bayi yang sekarang menginjak usia 19 hari ini akan segera dibawa ke RSHS Bandung untuk dioperasi.
“Sebenarnya sejak diketahui tidak memiliki anus, bidan yang menangani proses persalinan dan RW setempat sudah menyarankan orang tua bayi segera melengkapi persyaratan pembuatan BPJS Kesehatan. Namun bapak si bayi sampai sekarang tak pernah melengkapi persyaratan yang diminta tersebut,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat Pupu Sari Rohayati di Ngamprah, Selasa (22/12/2015).
Dia mengaku, tidak mengetahui mengapa orangtua bayi itu tidak cepat mengurus syarat-syarat pembuatan BPJS. Beberapa hari lalu, Dinkes Kabupaten Bandung Barat hendak membawa Nandita ke RSHS namun karena bapaknya sedang berada di Kabupaten Garut dibatalkan. Pupu berasalan untuk membawa ke rumah sakit harus mendapat persetujuan dari orangtuanya.
“Mengenai biaya pengobatannya ditanggung penuh Pemkab Bandung Barat. Sekalipun BPJS-nya masih dalam proses, saya sudah berkoordinasi dengan pihak RSHS tinggal kesiapan dari orangtunya untuk membawa bayinya tersebut,” ujar Pupu.
Menurutnya, Nandita harus secepatnya dioperasi sebab jika dibiarkan hanya akan menambah deritanya. Saat ini kondisi bayi asal Kampung Maroko RT1/2 Desa Mekarjaya Kecamatan Cihampelas ini terus memburuk, dimana perutnya semakin membuncit dengan urat-urat menonjol.
Menurut pengakuan Nandang, biaya operasi sebesar Rp 8 juta. Sementara total uang yang dibutuhkan sampai dinyatakan sembuh sekitar Rp30 juta.
“Kasus seperti ini pernah terjadi pada bayi di Kecamatan Cipatat. Setelah dibuatkan lubang anus, Alhamdulillah sekarang tumbuh sehat,” ungkap Pupu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar