Senin, 20 Juli 2015

Tugu kecelakaan di tanjakan Emen Subang (Foto: WEB)
Tugu kecelakaan di tanjakan Emen Subang (Foto: WEB)

Tanjakan Emen Jadi Prioritas Pengawasan Polres Subang

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Polres Subang melakukan pengawasan dan pengawalan khusus di Tanjakan Emen di di perbatasan Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang.
“Tanjakan Emen jadi salah satu titik rawan kecelakaan di wilayah Subang. Kami tempatkan posko di lokasi dan mengawal sepanjang tanjakan curam itu,” ujar Kasat Lantas Polres Subang AKP Ridwan seperti dilansir Antara, Minggu (19/7/2015).
Menurut dia, tanjakan yang berlokasi di Desa Cicenang itu harus menjadi perhatian utama pengendara dari Subang maupun dari Lembang karena kerap terjadi kecelakaan. Dalam mengantisipasi kecelakaan, pihaknya pun telah melakukan beberapa antisipasi. Seperti rambu-rambu lalu lintas, reklame bertuliskan imbauan berhati-hati dan posko penjagaan di beberapa titik di jalur tanjakan panjang dan curam itu.
Partisipasi masyarakat pun diperlukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Selain kesiapan fisik dan kendaraan, diperlukan kesabaran dan kontrol emosi yang kuat ketika berkendara, penuh konsentrasi dan mengutamakan keselamatan dari pada kecepatan.
“Selain di tanjakan Emen, di Subang terdapat pula titik rawan kecelakaan yang harus diwaspadai. Seperti jalur Pantura di Patokbeusi, Pusakanagara, Sukamandi dan Ciasem. Salah satunya kami upayakan dengan rekayasa lalu lintas,” tambahnya.
Ridwan pun mengimbau para pengendara khususnya di jalur tersebut, agar benar-benar memperhatikan keselamatan. Tidak terburu-buru karena bila terjadi kecelakaan akan berdampak pada kemacetan.
“Gunakan gigi dua khususnya di tanjakkan Emen. Selain itu, saya imbau para pengendara mobil dari Bandung menuju Subang lebih baik lewat tol Cipali. Selain efisiensi waktu, juga mencegah kemacetan di jalur Selatan karena kini jalur Selatan telah ramai oleh arus wisatawan,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar