Sabtu, 25 Juli 2015

Tower (dok : fokusjabar/andry)
Tower (dok : fokusjabar/andry)

Selama Lebaran, Indosat Klaim Layanan Telekomunikasi Lancar

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Layanan short message service (sms) dan data Indosat selama mudik Lebaran 2015 mengalami lonjakan tertinggi. Meski demikian, PT Indosat mengklaim seluruh pelanggannya bisa berkomunikasi dengan baik tanpa kendala berarti.
Director and Chief Technology Officer Indosat John Martin Thompson menuturkan, pada hari H Lebaran 2015, ada peningkatan traffic telekomunikasi yang cukup signifikan dibanding hari normal. Trafik SMS pada hari H meningkat sekitar 941,93 juta SMS atau naik 34,96 persen dibandingkan hari biasa.
Dari segi keberhasilan pengiriman SMS ke sesama pelanggan, Indosat mengklaim lebih dari 94,60 persen. Sedangkan untuk antar operator, tingkat keberhasilannya mencapai 92,67 persen.
.
“Sementara untuk traffic data di hari H meningkat cukup pesat sekitar 596,46 terabyte per hari atau sekutar 30,60 persen dibandingkan hari normal,” kata John, Kamis (23/7/2015).
Jika dibandingkan tahun lalu, kondisi hari H Lebaran 2015 naik 44,43 persen  untuk trafik SMS. Dan untuk data meningkat 232,36 persen dibanding trafik tahun lalu.
Dia mengakui bahwa keberhasilan menjaga kualitas layanan tersebut karena pihaknya sudah melakukan antisipasi sejak jauh-jauh hari. Kesiapan jaringan seluler Indosat telah ditingkatkan, baik dari kapasitas maupun kualitasnya.  Termasuk mengantisipasi terjadinya kenaikan trafik telekomunikasi seperti masa mudik Lebaran.
Selain itu, kesiapan jaringan seluler pun tidak terlepas dari program modernisasi jaringan di seluruh Indonesia. Kota-kota tujuan mudik dari Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa telah menjalani program modernisasi jaringan.
Sebelumnya, pihaknya telah meningkatkan kapasitas seluruh layanan seluler, baik suara (voice), SMS, dan data sesuai dengan prediksi lonjakan trafik telekomunikasi.
Untuk layanan suara (voice) dinaikkan kapasitasnya menjadi 39 juta erlang per hari, layanan SMS kapasitasnya ditingkatkan menjadi 1,28 milyar SMS per hari, dan layanan data menjadi 2.081 terabyte per hari. Kapasitas ini disiapkan untuk 66,5 juta pelanggan Indosat yang didukung total 40.756 Base Transceiver Station (BTS) di seluruh Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar