Kamis, 23 Juli 2015

pencak silat (foto : web)
pencak silat (foto : web)

Tak Ikut Kualifikasi, Pencak Silat Jabar Akan Gelar PON Mini

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Tidak diperkenankan mengikuti babak kualifikasi PON XIX/2016, Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Jabar akan menggelar Invitasi Pencak Silat pada 26 sampai 30 September mendatang. Invitasi rencananya akan diikuti lima provinsi termasuk tuan rumah Jawa Barat.
Sekretaris Umum Pengprov IPSI Jabar Dede Iman Nurgana mengatakan, gelaran invitasi menjadi salah satu program dari pelatda PON XIX/2016 yang sudah disusun tim pelatih.
“Kita tidak ikut kualifikasi, karena itu gelar invitasi. Kita butuh banyak try in, try out, hingga simulasi pertandingan sesungguhnya,” kata Dede saat di sekretariat Pengprov IPSI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Kamis (23/7/2015).
Dia mengungkapkan, sebagian provinsi sudah konfirm dan menyatakan kesiapannya, seperti DKI Jakarta, Kalimantan Timur, dan Jawa Tengah.
“Untuk Bali belum ada konfirmasi karena baru pergantian kepengurusan, sedangkan Jatim kemungkinan besar tidak ikut karena kepengurusannya sedang ricuh,” tambahnya.
Gelaran invitasi sendiri, lanjutnya, tidak ditujukan oleh mencapai target juara atau pencapaian medali. Invitasi lebih ditujukan untuk memantau kekuatan calon lawan di PON XIX pada September 2016 mendatang. Tak hanya itu, invitasi pun akan menjadi salah satu ajang mengukur hasil latihan atlet silat Jabar yang tergabung dalam Pelatda PON XIX/2016.
“Toh, kita pun selektif dalam memilih provinsi yang kita undang di invitasi ini. Dan mereka yang ikut, bisa dibilang merepresentasikan kekuatan Pencak Silat nasional. Jadi bisa disebut invitasi ini sebagai PON mini,” terang Dede.
Dede menambahkan, pad invitasi tersebut, pihaknya akan menurunkan semua atlet yang saat ini tergabung dalam kamp Pelatda PON XIX/2016. Baik untuk nomor tanding ataupun TGR.
“Semua nomor PON XIX/2016 akan dipertandingkan di ajang invitasi tersebut. Apapun dari hasil nanti, tidak akan menjadi tolok ukur utama kita untuk PON XIX/2016. Minimal kita bisa mendapat gambaran kekuatan calon lawan,” tuturnya
Selain itu, Dede mengaku akan melakukan pemantauan di gelaran babak kualifikasi PON XIX/2016 cabang olahraga Pencak Silat yang akan digelar November 2015 mendatang di tiga wilayah. Untuk wilayah I akan digelar di Bangka Belitung pada tanggal 13-21 November 2015, kemudian wilayah II di Samarinda yang akan digelar 1-8 November 2015, dan wilayah III di Gorontalo pada 24-31 November 2015.
“Untuk babak kualifikasi tersebut kita akan kirimkan minimal dua pelatih untuk memantau kekuatan calon lawan. Dari setiap babak kualifikasi tersebut akan diambil juara 1 sampai 3 di setiap nomor pertandingan,” tegasnya.
Pada PON XIX/2016 di Jawa Barat, cabang olahraga pencak silat akan mempertandingkan sebanyak 21 nomor pertandingan. Dengan rincian sembilan nomor tanding putra, enam nomor tanding putri, tiga nomor TGR (Tunggal, Ganda, Regu) putra, dan tiga nomor TGR putri. Jabar sendiri bertekad untuk meraih minimal tujuh medali emas untuk mendukung program Jabar Kahiji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar