Minggu, 26 Juli 2015

disdik bdg

Disdik Kota Bandung Bakal Awasi Langsung Kegiatan MPLS Siswa Baru

BANDUNG,FOKUSJabar.com: Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Bandung Elih Sudiapermana menyatakan, pihaknya akan melakukan pengawasan langsung terkait kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) terhadap siswa baru di Kota Bandung.
Demikian dikatakan Elih saat dihubungi lewat sambungan telepon, Sabtu (25/7/2015).
“Kita khawatir akan adanya praktek negatif dalam pelaksanaan MPLS. Kita memantau dari dinas hari pertama itu seperti apa kalau ada hal-hal seperti itu (negatif) kita turun tangan menertibkan,” ucapnya.
Elih juga mengatakan, para kepala sekolah maupun guru diminta pro aktif dalam mengawasi proses MPLS di sekolahnya.
“Untuk pengendalian dan pengawasan serta pencegahan. Kalau ada hal-hal yang kurang baik dan adanya keluhan masyarakat sekolah bisa segera mengambil tindakan. Atau kalau ada tugas-tugas yang lain (penugasan siswa baru) nanti di evaluasi,” katanya.
Elih juga menegaskan, dalam MPLS di Kota Bandung tidak akan ada kegiatan MPLS yang mempersulit siswa bahkan menjurus pada aksi kekerasan terhadap siswa baru.
“Saya sudah mengeluarkan surat edaran ke kepala sekolah dan sudah dirapatkan supaya dijaga dari hal-hal atau kegiatan kekerasan yang tidak mendidik. Di surat edaran kita berikan contoh-contoh kegiatan yang lebih positif,” ucapnya.
Elih mengatakan, pihaknya juga sudah meminta kepada para kepala sekolah untuk lebih aktif melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan MPLS di sekolahnya masing-masing.
“Guru dan kepala sekolah harus lebih aktif sebagai pembina yang selama ini membiarkan acaranya oleh anak-anak (siswa senior),” katanya.
Elih juga meminta, pihak sekolah untuk lebih memberikan hal-hal yang positif yang bisa bermanfaat bagi siswa baru, seperti memperkenalkan lingkungan sekolah, sarana dan prasarana, program sekolah baik kulikuler maupun ekstra kulikuler.
“Termasuk mengadakan kegiatan karakter, seperti pengajian. Pokoknya jangan sampai (kekerasan), kan sudah tidak musimnya, karena ada efek negatif, terus jangan sampai ada penugasan-penugasan yang gak jelas arahnya,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar