Selasa, 28 Juli 2015

Cegah Perpoloncoan, Mendikbud Lakukan Monitoring di Hari Pertama MOPD
Ilustrasi (metrotvnews)

Cegah Perpeloncoan, Mendikbud Lakukan Monitoring Di Hari Pertama MOPD

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD) dimulai di seluruh Indonesia serentak hari ini, Senin (27/07/15). Mencegah terjadinya sistem senioritas dan junioritas serta perpeloncoan di setiap tahun ajaran barunya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Indonesia bersama jajarannya melakukan monitoring ke sejumlah sekolah.
“Pak Menteri sudah mengeluarkan surat edaran (bisa juga dilihat melalui www.kemdikbud.go.id) yang diberikan kepada semua Gubernur, Walikota dan Bupati untuk mencermati dan mengawas penyelenggaraan MOPD ini. Jangan sampai semua pelaksanaannya keluar dari jalur atau regulasi yang sudah ditentukan”, tutur Humas Kemendikbud RI, Asianto Sinambela kepada PRFM, Senin (27/07/15) siang.
Asianto menambahkan, ada baiknya apabila pada hari pertama tahun ajaran baru terutama untuk anak kita yang baru menginjak kelas pertama disetiap tingkatnya, ikut mengantarkan ke sekolah barunya agar sang anak merasa lega bahwa dia ‘dititipkan’ pada orang yang sudah dikenal oleh orang tuanya. Hal ini bisa juga dimanfaatkan orang tua sebagai momen untuk berinteraksi dengan guru sebagai cara mereka untuk mengetahui perkembangan anaknya selama di sekolah.
“Sebenarnya kalau untuk hari pertama diisi dengan kegiatan selain proses belajar mengajar tidak masalah ya, karena itu dikembalikan lagi pada putusan dari Dinas Pendidikan setiap daerahnya. Kalau Kemendikbud kan mengeluarkan regulasi umum yang bersifat nasional dan hanya melakukan monitoring. Tapi kalau memang ada penyimpangan atau ada yang berjalan tidak sesuai dengan ketentuan, kita akan meminta masing-masing kepala Disdik untuk menindak langsung kejadiannya sesuai dengan aturan yang berlaku”, pungkas Asianto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar