Rabu, 21 Oktober 2015

Tidak Hanya Angkot 05, Semua Jalur Angkot di Bandung Dibenahi
Ilustrasi (web)

Tidak Hanya Angkot 05, Semua Jalur Angkot di Bandung Dibenahi

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Setelah angkot 05 dibekukan dan berubah menjadi angkot 08 jurusan Cicaheum-Leuwipanjang, pihak Koperasi Bina Usaha Republik Indonesia (Kobutri) juga akan membenahi seluruh jalur angkot di Kota Bandung.
“Walikota Bandung kan ingin memperbaiki citra angkot,” ujar Ketua Harian Kobutri Jawa Barat, Udin Hidayat kepada PRFM.
Udin menjelaskan, pihak kobutri sudah membuat intruksi kepada seluruh jalur untuk memperbaiki manajemen jalur setiap angkot. Intruksi ini disampaikan mulai dari pengemudi sampai kepada kontrak antar pengusaha dengan petugas jalur kobutrinya.
“Itu dilakukan supaya pihak kobutri mudah menjatuhkan dan membuat sanksi bila terjadi sesuatu. Bukan jalur yang pernah bermasalah saja, tapi untuk semua,” tegas Udin.
Terhitung dari awal November nanti, angkot-angkot yang selama ini tidak mengikuti peraturan, maka para penumpang bisa dengan mudah melaporkan karena setiap angkot akan dipasang informasi pelayanan dan pengaduan.
“(Bisa mengadu) ke kantor kobutri maupun petugas yang berada di jalurnya,” ujar Udin.
Tidak hanya itu, pihaknya juga akan terus melakukan kerjasama bersama dinas perhubungan (dishub) mengenai pembinaan yang rutin dilakukan setiap setahun sekali. “Mungkin ke depan akan lebih diprioritaskan untuk jalur-jalur yang dirasa banyak masalah, jadi mereka akan sering mengikuti pembinaan,” lanjutnya.
Pembenahan seluruh jalur angkot ini melahirkan dua kontrak kerja yang jelas, yaitu kontrak antara koperasi dengan pengusaha, dan kontrak pengemudi dengan ketua kelompok pelayanan usaha anggota yang berada di dalam satu jalur.
“Tujuannya juga sama, agar petugas jalur bisa memberikan sanksi yang tegas,” tukas Udin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar