Rabu, 28 Oktober 2015

ilustrasi (web)
ilustrasi (web)

Antisipasi Kebakaran, Masyarakat Perlu Ketahanan Partisipatif

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Kepala Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (DPPK) Kota Bandung Ferdi Ligaswara mengatakan, kesadaran masyarakat untuk sigap mengantisipasi terjadinya kebakaran perlu dibentuk dengan Ketahanan Partisipastif.
Peran partisipatif, menurut Ferdi, menjadi bagian penting dalam mewujudkan kesiapan masyarakat dalam menanggapi potensi bencana, khususnya insiden kebakaran.
Dia mencontohkan, kejadian kebakaran tempat hiburan karaoke di Manado Sulawesi Utara beberapa waktu lalu yang menimbulkan banyak korban, harus dijadikan pelajaran berharga.
“Api itu mulai besar dari yang kecil. Ketika api kecil harus dipadamkan oleh manajemen gedung atau masyarakat, itu yang disebut ketahanan partisipatif,” ungkap Ferdi, Senin (27/10/2015).
Sebagai antisipasi, Ferdi menghimbau kepada para pelaku usaha di Kota Bandung baik itu tempat hiburan, hotel dan restoran untuk menyediakan peralatan pencegah kebakaran.
Namun peralatan pencegahan saja belum cukup. Menurut Ferdi, kesiapan dan kesigapan para pegawainya juga penting. Karena itu, dari sisi SDM harus dilatih secara kontinyu.
“Dari hasil pemeriksaan, tangga emergency belum seluruhnya ada petunjuk arahnya. Idealnya petunjuk evakuasi harus jelas dan ketika lampu padam, petunjuk itu harus nyala. Ini terjadi di banyak tempat hiburan, hotel, apartemen, rusun, dan gedung-gedung bertingkat lainnya. Intinya, semua harus siap dan sigap melakukan antisipasi,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar