Rabu, 21 Oktober 2015

foto : net
foto : net

Beras Rastra Rusak, Bulog: 2×24 Jam Akan Kami Ganti

SOREANG, FOKUSJabar.com : Perum Bulog Subdivre Bandung siap mengganti beras rusak yang diterima Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTSPM) pada program Beras Menuju Sejahtera (Rastra) 2015. Pada tahun ini, Perum Bulog Subdivre Bandung siap menyalurkan beras Rastra di Kabupaten Bandung dengan kuota 2.804.100 kg setiap bulan.
“Jika ada masyarakat yang mendapati beras rusak atau kualitasnya menurun, silakan lapor kepada kita 2×24 jam. Kita akan ganti,” ujar Kepala Perum Bulog Subdivre Bandung Nanar Sunarya usai sosialisasi penyaluran Rastra tahun 2015 di gedung Moch Toha, komplek perkantoran Pemkab Bandung, Soreang, Rabu (21/10/2015).
Untuk penyaluran Rastra sendiri, lanjutnya, Perum Bulog menyiapkan beras kualitas medium dengan harga kisaran Rp 7.500 per kilogram. Beras tersebut diperkirakan bisa disimpan dalam waktu tiga sampai lima bulan.
“Di setiap titik distribusi, kita siapkan pengawas dan penerima keluhan baik dari pihak Kabupaten Bandung maupun dari Bulog. Kita tidak mungkin bisa mengawasi 8000-an titik dengan 36 orang karyawan organik Bulog,” terangnya.
Sementara untuk jumlah RTSPM di Kabupaten Bandung sendiri, lanjut Nanar, jumlahnya tidak berubah dari tiga tahun sebelumnya yakni 1.869.400 rumah tangga. Pasalnya, data sensus dari BPS yang digunakan yakni merupakan data dari tahun 2011 lalu.
“Untuk penentuan RTSPM ini yang menentukan dari pusat yakni dari TNP2K berdasarkan sensus BPS. Tapi data BPS yang digunakan adalah data 2011 jadi tidak update,” tuturnya.
Sedangkan untuk penyerapan Rastra di Kabupaten Bandung sendiri, diakuinya sudah cukup bagus. Tunggakan pembayaran pun merupakan tunggakan berjalan.
“Di acara sosialisasi ini pun ada yang bayar tunggakan dan harapannya serapan Rastra tahun ini bisa sama seperti tahun-tahun berikutnya. Untuk saat ini serapannya sudah mencapai 97,95 persen,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar