Rabu, 14 Oktober 2015

ilustrasi : net
ilustrasi : net

Hanguskan 883 Hektare, Kebakaran Hutan Cikepuh Jadi yang Terbesar di 2015

CIWIDEY, FOKUSJabar.com : Kejadian kebakaran di SM Cikepuh, Sukabumi, menjadi kebakaran hutan terhebat di wilayah Jabar dalam rentang Juni hingga September 2015. Sedikitnya 883 hektare kawasan hutan rusak akibat bencana kebakaran tersebut.
Kebakaran Gunung Papandayan
Ilustrasi (web)
“Kejadian kebakaran yang terjadi di Cikepuh terjadi sebanyak 40 kali dalam rentang setahun ini. Ini menjadi kebakaran terhebat dalam tahun ini,” ujar Kepala Balai BKSDA Jabar Sylvana Ratina saat ditemui di sela-sela kegiatan Gelar Pasukan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Tingkat Provinsi Jawa Barat di Bumi Perkemahan Ranca Upas, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Selasa (13/10/2015).
Lebih lanjut Sylvana mengatakan, kebakaran di hutan yang sekarang 60 persen kawasannya digunakan untuk pembangunan Geopark Ciletuh itu meningkat dibanding tahun sebelumnya. Pada tahun 2014, hutan Cikepuh sempat terbakar dengan luas mencapai 109 hektare.
Selain Cikepuh, beberapa kejadian kebakaran pun terjadi di delapan kawasan lain. Salah satunya di gunung Guntur yang merusak hampir 200 hektare kawasan hutan. Kemudian di hutan Tangkuban Parahu, serta hutan Papandayan yang luasnya kurang dari satu hektare.
“Dari kebakaran yang terjadi itu, sebagian besar terjadi akibat ulah manusia. Untuk itu, kegiatan gebyar pasukan diharapkan bisa meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan kita terhadap kebakaran hutan,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar