Minggu, 18 Oktober 2015

Hutan Cireundeu. dari kejauhan (Foto: gatot)
Hutan Cireundeu. dari kejauhan (Foto: gatot)

Menarik, Dua Adat Kepercayaan di Cirendeu

CIMAHI, FOKUSJabar.com: Kampung Adat Cirendeu di Kota Cimahi ini memang terkenal dengan masyarakat yang makanan pokoknya singkong.
Namun, ada hal penting mengenai kepercayaan di kampung Adat Cireundeu. Di kampung ini berkembang dua sistem kepercayaan yaitu Adat dan Muslim. Namun yang masih memegang teguh kepercayaan adatnya hanya tinggal 30%.
Warga Kampung Adat Eulis Nurhayati (53), mengatakan, sistem adat ini yang menjadi budaya ialah sembahyang atau mengingat Tuhannya setiap detik dan juga mempertahankan tradisi tidak makan beras padi.
Maka tidak heran jika masyarakat adat tak ada satu orang pun yang pernah mencicipi nasi. Tapi bagi kepercayaan muslim, memakan nasi dibebaskan, ” Mau mengkonsumsi nasi atau singkong, tergantung selera masing-masing,” katanya.
Ditambahkannya, bila masyarakat adat mendatangi undangan pun, mereka tidak makan nasinya, melainkan hanya lauk-pauknya saja. Sebab itu yang dipegang teguh oleh masyarakat Adat.
” Agar tradisi ini tetap bertahan, maka diadakan sosialisasi dari generasi ke generasi mengenai tradisi makan beras singkong atau Rasi,” tukasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar