Senin, 12 Oktober 2015

Banjir  Cileuncang (Foto: Budi)
Banjir Cileuncang (Foto: Budi)

Berubahnya Fungsi Lahan Sebabkan Banjir di Kota Bandung

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Hujan deras  disertai agin kencang yang melanda Kota Bandung dua hari kemarin, selain menyebabkan beberapa pohon tumbang juga mengakibatkan banjir di beberapa ruas jalan.  Selain faktor cuaca, banjir di Kota Bandung disebabkan oleh berubahnya fungsi lahan salah satunya di Kawasan Bandung Utara.
Ketua Komisi C DPRD Kota Bandung Entang Suryaman menyayangkan berubahnya lahan serapan air menjadi tempat tinggal baik pribadi maupun komersial.
Banjir di Bandung mah pasti aya wae. Kenapa, karena serapan air di Bandung sudah kurang. Apalagi sekarang KBU dibangun terus dan seolah tak terkontrol. Selama ini, terlalu banyak pembangunan di sana, seperti hotel, apartemen dan lainnya,” ungkap Entang, Jum’at (9/10/2015).
Sulit dikendalikannya pembangunan di Kawasan Bandung Utara (KBU), menurut Entang, merupakan salah satu penyebab mengapa Kota Bandung dilanda banjir ketika hujan deras.
Kondisi itu, tambah Entang, Tidak akan terselesaikan jika Kawasan Bandung Utara terus menerus menjadi lahan yang empuk untuk dirubah menjadi kawasan pemukiman atau pembangunan hotel.
“Kalau Kawasan Bandung Utara (KBU) habis, Bandung akan banjir terus,” tegasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar