Minggu, 28 Juni 2015

Ilustrasi (web)
Ilustrasi (web)

Musik Sunda Tarik Perhatian Musisi Amerika

BANDUNG, FOKUSJabar.com:  Dewasa ini budaya dan musik Sunda seakan-akan masuk ke dalam fase kemunduran. Anak-anak muda banyak yang lebih memilih dan menyukai kebudayaan luar. Namun, ada yang menarik dari seorang musisi Amerika, Den Nicki, yang mengaku sangat tertarik dengan kebudayaan dan musik Sunda.
“Sebelum ke Bandung, saya juga pernah pergi ke Bali dan ke tempat-tempat lain di Indonesia,” ujar pria yang juga fasih berbahasa Sunda ini.
Den Nicki yang sudah tujuh tahun tinggal di Bandung ini, sebelum mengenal musik Sunda juga mengaku sempat menyukai lagu dangdut, keroncong, dan musik Bali.
Dengan adanya Den Nicki yang lihai memainkan alat musik Sunda, Ketua Paguyuban Sundawani Wirabuana, Robi Maulana mengaku sanggarnya menjadi sering didatangi oleh para orang tua yang juga tertarik memasukan anaknya untuk belajar alat musik Sunda. “Jadi, setelah tahu ada bule yang belajar di Sanggar kita, banyak orang tua yang penasaran dan memasukan anaknya untuk belajar musik Sunda,” katanya.
Selain, Den Nicki ada pula Enji, berasal dari Filiphina yang konsen mempelajari Karawitan, dan juga para warga negara asing lainnya yang tergabung dalam Sounds of Sangkuriang yang saat ini sedang konsen untuk mempelajari musik dan budaya Sunda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar