Jumat, 26 Juni 2015

Kriminolog: Kejahatan Terjadi Karena Kesempatan dan Ketidakpedulian
Ilustrasi (Web)

Kriminolog: Kejahatan Terjadi Karena Kesempatan Dan Ketidakpedulian

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Aksi kejahatan yang terjadi tak pernah kenal waktu dan tak pernah kenal siapa korban sasarannya. Kejahatan yang marak terjadi bisa jadi karena adanya kesempatan dan ketidakpedulian. Demikian yang diungkapkan Kriminolog Universitas Padjajaran, Yesmil Anwar.
“Secara perspektif teoritis, suatu kejahatan itu bisa terjadi dikarenakan adanya kesempatan yang diberikan oleh korban kepada pelaku. Selain itu, faktor lain berupa karakter dari masing-masing pelaku karena lingkungannya dan terkikisnya rasa peduli terhadap lingkungan sekitar menjadi kunci peluang dari sebuah kejahatan itu sendiri.” tutur Yesmil kepada PRFM, Jumat (26/6/15).
Yesmil menuturkan, antara masyarakat dan juga para penegak hukum seharusnya memiliki hubungan simbiosis mutualisme, kedua belah pihak tidak ada yang dirugikan dalam suatu hal, termasuk kasus kejahatan.
Kepada masyarakat, dirinya meminta agar semua kalangan masyarakat jangan hanya menuntut ingin aman saja tetapi ikut juga berpartisipasi dalam membantu polisi dengan cara peduli terhadap sekitarnya dan mematuhi segala aturan sesuai dengan hukum yang berlaku.
Sedangkan kepada para penegak hukum, Yasmil menyarankan agar sistem yang selama ini sudah dijalankan bisa diperbaiki lagi agar hasil kerja yang dihasilkan bisa semaksimal mungkin.
(Vetra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar