Selasa, 23 Juni 2015

 Sahur

HINDARI MAKANAN JENIS INI SAAT ANDA SANTAP SAHUR

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Pada bulan Ramadhan, sahur menjadi waktu yang sangat penting untuk mengkonsumsi makanan yang tepat sehingga bisa menjalankan puasa dengan baik.
Selain makanan yang bagus dikonsumsi untuk sahur, ada pula jenis makanan yang sebaiknya anda hindari. Dan sebaiknya, Anda menghindari makanan jenis ini saat bersantap sahur.
1. Makanan berminyak.
Banyak orang yang justru mengonsumsi makanan jenis ini selama puasa. Makanan berminyak bisa menyebabkan gangguan pencernaan, maag, dan dapat menaikkan berat badan.
2. Makanan yang memiliki waktu cerna pendek.
Jenis makanan seperti ini yaitu yang mengandung bahan seperti gula dan tepung terigu. Jika anda menyantap roti putih saat sahur, sudh bisa dipastikan jika sebentar saja anda sudah merasa sangat lapar.
3. Kudapan yang diproses dan diberi gula tambahan.
Jenis makanan ini seperti cookies, crackers, dan croissants. Makanan jenis ini cenderung membuat anda cepat lapar lagi. Pilihlah camilan yang terbuat dari gandum utuh, seperti pop corn tanpa tambahan garam dan mentega. Hindari juga sereal yang sudah diberi tambahan pemanis, dan berbagai makanan beku dengan label ‘diet’. Makanan jenis ini biasanya tidak cukup mengenyangkan.
4. Terakhir yang sebaiknya juga dihindari saat makan sahur adalah terlalu banyak makan.
Minum teh terlalu banyak saat sahur juga tidak baik. Teh menyebabkan produksi urin meningkat. Makin banyak urin keluar, makin banyak pula garam keluar. Padahal, garam sangat dibutuhkan selama puasa.
Nah, agar sahur Anda berkualitas dan ibadah puasa Ramadhan bisa berjalan dengan baik, tidak ada salahnya menghindari jenis makanan tersebut. Selamat mencoba!
(berbagai sumber/ang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar