Minggu, 20 September 2015

SMK Angkasa Husein Bandung kembali membuat karya inovatif dan kreatif
SMK Angkasa Husein Bandung Berhasil Mengubah Yamaha Vixion 150 cc menjadi mobil jenis Prototype Jeep mini (FokusJabar/Agni)

SMK Angkasa Husein Kembali Bikin Karya Inovatif

BANDUNG, FOKUSjabar.com: Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Angkasa Husein Bandung kembali merakit mesin motor Yamaha Vixion 150 cc menjadi mobil jenis prototype Jeep mini.
Dalam perakitannya kali ini, mereka melibatkan empat siswa inti dan empat siswa cadangan yang berasal dari jurusan otomotif, jurusan mesin industri dan mesin terpadu.
Para siswa ini mampu menyelesaikan karya inovatif dan kreatifnya hanya dalam kurun waktu kurang lebih satu bulan lamanya. Sedangkan untuk pengumpulan bahan-bahan membutuhkan waktu sekitar tiga bulan.
“Biaya total pengerjaann Rp43 juta, sudah termasuk mesin las, alat-alat pendukung seperti pipa banding. Jadi kalo liat murninya tidak smape segitu. Ini diluar mesin Yamaha dan dananya sharing dari yayasan,” ujar Slamet Rahayu guru pembimbing kepada para wartawan saat ditemui di SMK Angkasa, Jalan lettu Subagio, Senin (14/9/15).
Jeep mini ini pun turut dipamerkan pada kegiatan Bandung Air Show (BAS) 2015. Menurut Slamet, sengaja dimodifikasi layaknya seperti mobil bisa berjalan maju dan mundur. Bahkan bisa memuat enam sampai delapan orang.
“Komponen-komponennya sebagian besar mengadopsi dari produk yang sudah ada. Kita cuma buat body sama rangka saja,” katanya.
Slamet mengaku, kesulitan yang ditemukan para siswa saat perakitan Jeep mini ini adalah ketika menyelaraskan komponen satu kepada komponen lain yang berbeda produk.
“Kita pakai hampir 10 produk berbeda disetiap komponen-komponennya. Jadi kesulitan yang ditemukan ya pas ngegabungin komponen-komponen itu” paparnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar