Rabu, 30 September 2015

Dana-BPJS

Rp6 Milyar untuk Menata Sungai Cikapayang

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp6 Milyar untuk menata Sungai Cikapayang bersumber dari APBD Kota Bandung Jabar.
Berdasarkan situs lpse.bandung.go.id, paket pekerjaan Restorasi Sungai Cikapayang sudah dilelangkan dengan kode 2928260 dan sudah masuk tahapan pengumuman pasca kualifikasi.
“Jadi yang baru ini akan menyambung hasil yang sudah ada. Rencana panjangnya 400 meter sampai ke dekat Taman Vanda,” ujar Sekretaris DBMP Didi Ruswandi, Senin (28/9/2015).
Nilai pagu paket untuk proyek ini mencapai Rp6,1 milyar dengan nilai HPS paket mencapai Rp5,8 milyar. Paket pekerjaan ini diikuti 23 peserta lelang.
Jika dibandingkan dengan proyek pada tahun lalu yaitu mencapai Rp2,6 milyar dengan target penataan sungai Cikapundung sepanjangan 100 meter, periode saat ini tergolong sangat besar dalam penganggarannya.
Anggaran paling besar tersedot untuk pembangunan water treatment atau bangunan yang berisi mesin penjernih air. Melalui water treatment itu, air kotor dari saluran yang berasal dari utara, akan diolah sehingga menjadi jernih ketika dikeluarkan dan dialirkan ke saluran Sungai Cikapayang.
Didi menjelaskan, hasil penataan ditargetkan tidak jauh berbeda dengan yang sudah ada. Diantaranya, penataan trotoar dan penambahan taman dan fasilitas umum seperti kursi, lampu hias dan penataan sungainya.
“Untuk model enggak akan jauh berbeda sama yang eksisting. Mungkin lantainya akan beda sedikit. Kalau dulu andesit, sekarang kemungkinan kita pakai granit,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar