Minggu, 20 September 2015

Ilustrasi (web)
Ilustrasi (web)

Gerhana Matahari Total Akan Muncul di Kota Bandung

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Peristiwa langka Gerhana Matahari Total (GMT) akan terjadi di Indonesia pada 9 Maret 2016 mendatang. Kota Bandung menjadi salah satu kawasan yang dilalui oleh peristiwa tersebut.
Seperti dilansir PRFM, gerhana matahari ini akan terjadi sebesar 88,76 persen di Kota Bandung. Fenomena ini menjadi fenomena yang langka karena terjadi sekali dalam 250 tahun. Karenanya, diharapkan banyak wisatwan mancanegara maupun domestik akan datang menyaksikan persitiwa tersebut.
Jepang dan Australia menjadi beberapa contoh negara yang berhasil mengelola pariwisata GMT. Kementerian Pariwisata RI mengungkapkan rencana peristiwa tersebut sebagai agenda pariwisata Indonesia.
Pihaknya akan membentuk panitia nasional yang didalamnya tergabung para aparat kewilayahan, khususnya wilayah-wilayah yang akan dilewati gerhana matahari secara total. Kerjasama terebut bertujuan mengakomodasi para wisatawan di daerah masing-masing.
Direktur Observatorium Bosscha, Bambang Hidayat mengungkapkan kepada Tempo bahwa GMT akan terjadi pada pukul 07.15 WIB. Bambang pun menyebutkan keterlibatan sejumlah peneliti maupun astronom asing, seperti Amerika, Asutralia, Jepang, Perancis, Inggris, Austria, Malaysia, dan Vietnam, dalam peristiwa tersebut di beberapa wilayah di Indonesia.
Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) pun akan meneliti lapisan ionosfer di empat kota dalam peristiwa GMT tersebut, termasuk di Kota Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar