Rabu, 30 September 2015

Ilustrasi (web)
Ilustrasi (web)

Pengaduan, Masyarakat Bisa ke KID Dan Ombudsman

BANDUNG,FOKUSJabar.com: Ketua Komisi Informasi Daerah (KID) Jawa Barat Dan Satriana menyebut, kerja sama dengan Ombudsman Perwakilan Jabar bertepatan dengan Hari Hak untuk Tahu Sedunia 28 September.
Melalui kerja sama yang dijalin, pihaknya mendorong keterbukaan informasi di lembaga yang menyelenggarakan pelayanan publik.
Dengan begitu, masyarakat bisa melakukan pengaduan melalui KID maupun Ombudsman. Terlebih kedua pihak akan saling bertukar informasi.
“Ini (keterbukaan) sangat penting agar masyarakat bisa mengontrol. Sehingga kualitas pelayanan publik bisa lebih baik,” jelas Satriana di Bandung, Senin (28/9/2015).
Adapun yang menjadi sasaran, yakni lembaga yang memberikan pelayanan kepada publik, seperti kelurahan, rumah sakit dan sekolah.
“Lembaga-lembaga lain masih kurang terbuka,” tuturnya.
Dia mencontohkan sejumlah RS masih menerapkan sistem birokrasi yang kurang jelas seperti informasi soal biaya dan tahapan pelayanan kesehatan.
“Pemerintah kurang melakukan pendampingan kepada lembaga yang menyelenggarakan pelayanan publik, padahal itu strategis,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar